Jumat, 08 Juli 2011

TIPS JITU ATASI STRES SEBELUM UJIAN TUGAS AKHIR

     Apakah Anda akan menghadapi Ujian Tugas Akhir perkuliahan Anda? Jika iya, apa yang sedang Anda rasakan saat ini? Apakah Anda sedikit merasa tegang, gelisah, cemas, takut gagal, gugup, susah merangkai kata-kata atau frustrasi sebelum bertempur?
    Jika iya, berarti Anda sedang mengalami stres!

         Anda tidak perlu merasa benci terhadap stres yang Anda rasakan. Justru Anda seharusnya BANGGA karena Anda merasakan hal yang namanya ‘stres’. Bingung??? Haha!!! Saya sendiri juga bingung! (loh kok?!?) hehehe…


         Maksud saya, Anda akan saya ajak berfikir secara positif dalam menghadapi stres Anda. Karena sebenarnya stres itu juga anugerah dari Allah swt. Lebih bingung lagi???

         Cobalah Anda pahami dan selami (bahkan kalau Anda tidak bisa menyelam, tenggelamlah di dalam) apa yang akan saya bagikan kepada Anda!

         Anda akan mudah memahami apa yang akan saya kemukakan jika Anda mau membuka hati dan pikiran Anda terhadap masukan-masukan yang bernilai positif dan siap melakukan perubahan! Anda tidak boleh larut dalam stres Anda. Yang harus Anda lakukan sebelum membaca tips ini adalah mencoba meninggalkan ego dan rasa lebih tahu mengenai hal ini dibanding saya. Anda harus mencoba menganggap bahwa saya akan memberikan cahaya kepada Anda disaat Anda sedang berada dalam kegelapan!

         Jika Anda sudah bisa merasakan bahwa Anda membutuhkan cahaya itu, dan Anda sudah bisa ikhlas menerima cahaya itu, tak peduli jika cahaya itu diberikan oleh orang yang selama ini Anda sepelekan atau bahkan Anda hina, maka Anda sudah siap menerima ilmu kanuragan dari Empu Simelekete! hahaha!!!

         Saya suka kalau Anda bisa tersenyum saat membaca tulisan saya. Apalagi kalau Anda bisa rileks dan enjoy bahkan tertawa lepas saat membacanya. Dengan begitu, tanpa sadar, Anda akan melepaskan diri Anda sejenak dari selimut stres yang mungkin terlalu menyesakkan hati dan pikiran Anda.

         Silahkan Anda simak, pahami, selami, tenggelami, dan coba praktekkan langkah demi langkah yang akan saya kemukakan di bawah ini:

    Tips jitu atasi stres sebelum Ujian Tugas Akhir:
    1. Tarik nafas dalam-dalam…….. lepaskan! Ulangi beberapa kali sampai Anda merasa lebih rileks!
    2. Jika Anda masih merasa sangat tertekan, saya anjurkan Anda untuk mengekspresikan stres Anda terlebih dahulu! Anda mau berekspresi di depan cermin, berteriak di tepi pantai atau di tempat sunyi, atau berteriak sambil menutup mulut anda dengan bantal agar tidak berisik, menari-nari seperti orang gila, lompat-lompat, jungkir balik, garuk-garuk kepala sampai lecet, melotot tanpa berkedip kepada semua orang selama berjam-jam, gigit-gigit bantal dan sendal jepit, menciumi bau kaos kaki butut Anda, tertawa sekeras kerasnya, menirukan gaya dosen killer Anda yang paling Anda benci, atau mencoba memoncongkan mulut Anda semoncong-moncongnya hingga tak berbentuk, juga boleh!!! Lakukan saja sampai Anda merasa bahwa dada Anda tidak terasa sesak lagi karena stres pra ujian! Akan tetapi saya sangat tidak menganjurkan Anda mengekspresikan stres Anda dengan cara yang anarkis! Jangan sampai ekspresi stres Anda mengganggu keamanan lingkungan sekitar Anda, merusak barang-barang Anda, apalagi kalau merusak barang-barang orang lain! Anda juga saya larang membunuh (?!??), apalagi bunuh diri! Meskipun bunuh diri bisa menjadi cara berekspresi yang paling meyakinkan sedunia ‘bahwa Anda sedang stres berat’. Saya tidak mau Anda mati sebelum Anda mencoba mempraktekkan tips jitu yang saya anjurkan ini! Hehehe… kalau Anda mati, mana mungkin bisa praktek lagi? Jika Anda merasa sedikit lebih rileks, ulangilah langkah pertama tips saya tadi. Tariklah nafas dalam-dalam….. tahan sejenak… dan lepaskan perlahan sambil membayangkan bahwa stres Anda ikut keluar dari diri Anda bersama dengan hembusan nafas yang Anda keluarkan. Ulangi sampai Anda merasa bisa diajak berfikir.
    3. Renungkan kembali MENGAPA Anda bisa merasa stres! Pikirkanlah sebaik mungkin, dan catat pada secarik kertas alasan-alasan Anda merasa stres menghadapi Ujian Tugas Akhir Anda tersebut!
    4. Apakah Anda sudah menemukan hal yang paling mendasar yang membuat Anda stres? Jika iya, hal apa yang Anda maksudkan? Bukankah hal tersebut sebenarnya membuktikan bahwa Anda takut hasil ujian Anda tidak maksimal dan Anda sebenarnya sangat-sangat ingin sukses menghadapi ujian Anda?!! Jika iya, artinya Anda harus bersyukur kepada Allah swt. karena Anda telah diberi anugerah impian dan cita-cita yang mulia, yang membanggakan, yaitu keinginan untuk BERHASIL menyelesaikan ujian tugas akhir dan perkuliahan Anda!
    5. Baca kembali langkah 5 dan pahamilah sebaik mungkin. Jika Anda belum bisa memahaminya, Anda belum siap lanjut ke langkah berikutnya. Namun jika Anda sudah mampu memahami makna kalimat-kalimat saya di atas, maka semestinya Anda juga bisa bersyukur karena Anda telah diberikan anugerah berupa ‘stres’, yang mengingatkan Anda bahwa ternyata Anda jauh lebih beruntung dari orang lain yang tidak memiliki impian dan cita-cita mulia untuk sukses menghadapi ujiannya! Anda pernah lihatkan, ada kawan Anda yang ujian hanya sekedar mengikuti proses saja tanpa ada keinginan untuk mendapatkan nilai maksimal?! Nah, orang seperti inilah yang sebenarnya merugi karena tidak memiliki impian besar untuk sukses! Bukankah orang yang demikian tidak memiliki sumber motivasi sebaik sumber motivasi milik Anda? Berarti Anda lebih hebatkan dari kawan Anda itu?!!!
    6. Cobalah merasa bangga karena Anda dianugerahi ‘stres’ oleh Allah swt. yang membuktikan bahwa Allah swt. sangat menyayangi Anda! Anda tidak akan sadar bahwa Anda jauh lebih baik dari orang lain jika Anda tidak pernah merasakan stres. Anda sudah paham apa maksud saya?
    7. Jika Anda sudah bisa bersyukur atas nikmat ‘stres’ yang Anda miliki, Anda tidak perlu merasa harus terbebani karena stres Anda! Justru seharusnya Anda berusaha keras untuk peduli dan sayang kepada stres anda! Penuhi apa yang dibutuhkan oleh stres Anda, yaitu ‘SUKSES’. Jadikan stres Anda sebagai MOTIVATOR yang besar untuk berbuat lebih baik lagi dalam mempersiapkan diri Anda menempuh Ujian Tugas Akhir.                                                                                                                        Saat ini stres bukan lagi musuh Anda, tetapi menjadi inspirasi bagi kesuksesan Anda!
    8. Cobalah catat semua kekurangan dan ketidaksiapan Anda dalam menghadapi Ujian!
    9. Benahilah satu persatu kekurangan Anda, dan usahakan untuk bisa siap menghadapi Ujian tersebut!
    10. Jika Anda merasa tidak mampu melakukannya sendiri, jangan berdiam diri dan JANGAN MENUNDA-NUNDA dalam menyelesaikan Tugas Akhir Anda. Segera lengkapi persiapan Ujiannya. Mintalah pendapat, saran, dan bantuan kepada kawan, keluarga, atau siapa saja, untuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan hari H ujian, dan persiapan mental Anda!
    11. Bacalah dan kaji materi Tugas Akhir yang Anda buat itu dengan tenang dan anggaplah Anda sedang membaca dan menganalisa Tugas Akhir orang lain. Posisikan diri Anda sebagai dosen Anda! Temukan sendiri kekurangan dan kekeliruan Tugas Akhir yang Anda buat itu.
    12. Jika Anda menemukan kekurangannya, carilah segera solusinya. Buat catatan mengenai kekurangan Anda tersebut beserta solusi yang tepat untuk mengatasi hal itu.
    13. Jika waktu untuk memperbaiki keseluruhan kesalahan mencukupi, Anda bisa memperbaiki penulisan, gambar dan maket Anda sampai hasilnya maksimal. Tapi itu kalau Anda benar-benar yakin bahwa Anda mampu memperbaikinya sampai selesai sebelum hari H ujian!
    14. Jika Anda ragu, jangan mengubah isi penulisan, gambar dan maket Anda! Buat saja catatan yang rapi untuk perbaikannya nanti. Pada saat presentasi hasil Tugas Akhir Anda, Anda paparkan saja seperti yang ada dalam penulisan Anda. Tetapi jika Ada dosen penguji Anda yang menemukan kekurangan Anda itu dan menanyakan hal tersebut, Anda bisa memaparkan bahwa Anda memang telah keliru dengan penulisan Anda sebelumnya dan Anda sudah memiliki solusi untuk perbaikannya. Kemukakan dan perlihatkan catatan perbaikan Anda itu! Saya yakin, dosen yang profesional akan lebih menghargai mahasiswanya yang mau mengakui kesalahannya sendiri jika memang salah, dan telah siap pula dengan perbaikannya pada saat kekurangannya itu ditemukan dosen.Jangan takut mengakui kesalahan, karena bagaimanapun berhasilnya kesalahan itu ditutup-tutupi, Anda tetap tidak akan merasa puas dikemudian hari. Hasil penelitian Anda dalam Tugas Akhir Anda kelak hanya akan menjadi sampah yang bisa membuat orang lain yang mengutipnya akan ikut keliru. Lebih parahnya lagi, kelak Anda sendiri juga akan merasa geli dan tidak suka lagi membaca hasil penelitian/ penulisan Anda itu. Anda tidak mau membuat penelitian yang hasilnya menyesatkan bukan?
    15. Buatlah garis besar materi presentase Anda secara sistematis, dan berlatihlah di depan kaca atau di depan kawan dan keluarga Anda. Atau jika Anda cukup akrab dengan dosen pembimbing Anda atau dosen lainnya, Anda bisa minta diamati dan diberi masukan saat anda mencoba praktek presentase ujian tugas akhir di hadapan mereka. Atau jika Anda tidak percaya diri, Anda bisa menulis konsep mengenai semua yang akan Anda katakan pada saat presentase nanti. Mintalah dosen tersebut memberi komentar.
    16. Berlatihlah berbicara di depan orang, agar Anda mampu maksimal menyampaikan pemaparan Anda, mampu mengerti inti pertanyaan yang diajukan kepada Anda, dan mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat; tidak membias.
    17. Jangan membicarakan apa yang tidak ada dalam penulisan Anda, karena itu akan membuat Anda mendapatkan pertanyaan yang membias pula. Penilaian dosen Anda terhadap pemaparan Anda yang membias sudah pasti akan buruk, karena Anda dinilai tidak menguasai isi penulisan Anda sendiri.
    18. Jika Anda sudah memahami apa yang sebaiknya dilakukan pada saat hari H ujian Anda maka seharusnya sekarang Anda sudah bisa lebih tenang dan merasakan aliran semangat yang menggebu-gebu untuk menggapai sukses dalam Ujian Tugas Akhir Anda! Gunakan semangat itu saat ini juga! Mulailah melakukan apa yang saya kemukakan di atas, satu persatu, dengan cara pandang baru yang lebih positif!
    19. Jadikan stres sebagai motivasi, semangat sebagai kendaraan Anda menuju sukses, dan cara berpikir positif sebagai inovasi diri Anda!
    20. Yakinlah, sebesar apapun tantangan yang akan menghadang, jika Anda telah dibekali pengetahuan, kesiapan, mental yang positif, berjiwa besar dan tidak mudah menyerah, maka Anda pasti bisa melaluinya dengan sukses!!!
    Silahkan mencoba tips jitu di atas, semoga sukses, dan saya nantikan komentar Anda mengenai tulisan saya ini. Anda juga dapat mengirimkan kisah sukses Anda mengatasi stres yang inspiratif ke alamat email saya di lia_arch99@yahoo.co.id

    Tidak ada komentar: