Jumat, 08 Juli 2011

OBAT STRES ampuh ala AULIA SK NABU


1.    Jika Anda sedang mengalami stres, Anda sebaiknya mencoba melihat persoalan yang sedang Anda hadapi itu dari sudut pandang orang lain. Coba Anda bayangkan apa komentar Anda jika Anda melihat ada orang lain yang sedang menghadapi persoalan seperti yang sedang Anda alami sekarang! Dengan melakukan itu, umumnya Anda akan lebih mudah menemukan jalan keluar dari persoalan yang membuat Anda stres, dan tentunya stres Anda dapat  segera terobati. 

Tanpa melakukan itu biasanya akal sehat kita disaat stres menjadi ‘lola’ alias lambat loading!
Kita cenderung merasa tidak berdaya untuk melihat kebaikan dari persoalan yang membuat kita menjadi stres tersebut.

2.    Saat Anda stres, Anda harus berusaha untuk berpikir positif! Jangan biarkan Anda larut dalam pikiran negatifnya saja! Anda harus memaksa diri Anda untuk menerima persoalan itu sebagai anugerah Allah swt. yang menyadarkan Anda, bahwa Anda sedang diuji, dan Anda harus berusaha lulus dalam ujian dari Allah swt. tersebut.

3.    Jangan menutup diri Anda jika sedang stres. Usahakan curahkan perasaan Anda pada orang lain yang Anda  anggap bijaksana. Paling baiknya jika Anda bicara pada orang yang ibadahnya, pengetahuan agamanya dan tingkah kesehariannya bagus; sehingga Anda akan terhindar dari nasehat yang menyesatkan!
Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan solusi jika Anda meminta pendapat orang lain, daripada jika Anda memikirkannya sendiri dalam cara berpikir Anda yang sedang negatif.

4.    Ekspresikan stres Anda dengan cara positif! Umumnya tanpa disadari, cara seperti ini dapat sangat menolong Anda untuk memulihkan perasaan Anda. Bisa saja Anda justru mendapatkan kesuksesan dan ketenaran berkat ekspresi stres postif Anda tersebut!
(untuk lebih jelas baca tulisan saya yang berjudul: Ekspresi positif stres dapat berbuah kesuksesan)

5.    Jika Anda suka menulis, atau bahkan jika Anda tidak suka menulis sekalipun, dalam keadaan stres sedang atau stres berat, Anda sangat saya anjurkan untuk menulis apa yang sedang Anda rasakan! Tuangkan semua uneg-uneg Anda sampai tidak ada yang tersisa dan terlewatkan! Bahkan sampai Anda merasa bahwa Anda lelah dan tidak ada lagi yang bisa ditulis tentang stres. 

Biasanya, jika kita membaca apa yang telah kita tulis itu lagi berkali-kali, kita akan menemukan kekeliruan kita sendiri dan jalan keluar dari persoalan tersebut. Tapi bacalah dengan sudut pandang orang lain! Sehingga Anda akan lebih mudah berpikir secara positif dan lebih bijaksana.

6.    Jika Anda mampu, biasakanlah untuk mencarikan solusi atau sekedar nasehat yang meringankan stres orang lain! Jika Anda sudah terbiasa melakukan ini, disaat Anda stres Anda sudah lebih mudah untuk mengatasinya, karena Anda sudah terbiasa menemukan jalan keluar dari stres.
7.    Jika Anda pernah mengalami stres sebelumnya dan bisa keluar dari stres Anda dulu, maka coba Anda ingat-ingat lagi bagaimana cara Anda mengobati stres Anda dulu. Mungkin saja Anda bisa melakukannya lagi!

8.    Jika Anda pernah sukses mengobati stres Anda, cobalah untuk berbagi pengalaman dengan orang lain, misalnya di Planet Stres ini. Mungkin itu dapat membantu orang lain juga untuk sukses mengobati stresnya! Disaat yang lain, misalnya, Anda kembali mendapat persoalan rumit  yang membuat Anda stres dan kehilangan akal sehat Anda, maka Anda dapat kembali ke Planet Stres untuk mencari inspirasi dari pengalaman dan tulisan Anda dulu atau dari pengalaman yang ditulis oleh orang lain yang juga tergabung dalam komunitas peduli stres di Planet Stres ini! Dengan begitu kita semua akan saling membantu dalam mengatasi stres yang semakin mendunia ini (baca juga: stres yang mendunia) dan berjuang bersama untuk mendapatkan inspirasi dan inovasi untuk bangkit menggapai sukses!

9.    Jika Anda ingin lebih mudah mengobati stres, jangan jadikan stres sebagai beban, tapi jadikan stres Anda sebagai anugerah, insipirator dan motivator yang sangat dahsyat  untuk berbuat lebih baik lagi sehingga Anda menjadi pribadi baru yang lebih baik dan lebih tangguh menghadapi segala tantangan!

10.  Sering-seringlah membaca tulisan positif tentang stres, sehingga Anda tidak lagi kaget jika menghadapinya. Anda akan mudah mengatasi stres Anda jika Anda sudah tidak menganggap kata ‘stres’ itu sebagai sesuatu yang angker dan buntu, tapi menjadi sekedar kata yang sudah Anda tahu betul seluk beluknya!

Jadi, sering-seringlah membaca dan meramaikan Planet Stres ini. Karena karena disini Anda bisa membantu orang lain, membuat lelucon yang meringankan stres Anda, menyalurkan hobi menulis Anda, curhat dan berbagi pengalaman, serta memetik inspirasi yang bermanfaat bagi kesuksesan Anda! 

Ingatlah selalu ‘’pengalaman adalah guru terbaik bagi kita semua’’, dan apa yang saya kemukakan disini semuanya terinspirasi dari pengalaman saya yang beberapa kali pernah mengalami stres berat bahkan pernah mencoba bunuh diri disaat itu! (sungguh sangat bodoh jika Anda juga ingin melakukannya!)
Saya  menulis tentang ini semua karena saya tahu betul bagaimana rasanya tenggelam di dalam stres dan alhamdulillah Allah swt. masih membukakan hati saya untuk menerima petunjuknya sehingga saya berkali-kali berhasil mengobati stres saya berkat petunjukNya.
Bersama, kita pasti bisa berjuang mengatasi stres dan menggapai sukses!
Anda setuju?
Selamat bergabung dengan KOMUNITAS PEDULI STRES di http://planetstres.blogspot.com.





2 komentar:

Anonim mengatakan...

Semua orang Pasti perna merasakan stress bahkan sering,termasuk diriku, satu caraku Dng mudah,cepat dan sangat ampuh setiap kali mengalami stress adalah "agama"(spiritual emosional) dengan meyakini suatu masalah yang menimpa kita adalah bagian dari ujian Allah kpd kita, yang tdk mungkin kita tdk mampu menerimanya, krn yakinilah janji Allah "Laa yukallifullaha nafsan illa wus aha.."Alhasil ketika masalah Terselesaikan dan menemukan solusi,maka Demi Allah keyakinan kita akan janji Allah itu benar-benar nyata dan menambah keimanan kita kepada Allah...:) ini benar! Coba deh mulai meyakini kebersamaan Allah Dengan kita,peganglah kuat2 tali Allah, agar sedikitpun bergerak tali Allah yang kita Pegang karena masalah yang sedang kita alami,Allah akan langsung melihat kita dan membantu kita untuk melewati masalah itu... :) "selamat mencoba, Saya pastikan cara ini bisa membantu anda..

Aulia S.K. Nabu, ST mengatakan...

alhamdulillah ada jg yang memberi komentar mengenai cara atasi stres dngn pendekatan agama. Saya sangat senang sekali dengan komentar Anda. Sebenarnya saya juga ingin sekali memasukkan tips yang bernafaskan islam, akan tetapi saya khawatir kalau blog saya dianggap terlalu berbau agama dan dianggap tidak layak. Khawatir diblokir saja... :) tapi saya suka sekali komentar Anda. Mudah-mudahan komentar Anda bermanfaat bagi pembaca lainnya.