Kamis, 07 Juli 2011

MANFAAT MENARIK NAPAS PANJANG DAN RELAKSASI PROGRESIF BAGI STRES ANDA


Apakah Anda membutuhkan tips paling mudah untuk menenangkan diri Anda disaat stres? Mungkin Anda akan suka dengan kutipan saya dari sebuah buku kesehatan populer yang judulnya ‘How to keep your cholesterol in check’ karangan Dr. Robert Povey, 1994. Dalam salah satu bab buku tersebut, Dr. Robert Povey memaparkan tentang Cara Mengatasi Stres, yakni dengan menarik napas panjang dan relaksasi progresif.
Menarik napas panjang
            Menurut Dr. Robert Povey, dalam keadaan stres kita seringkali bernapas dengan cepat dan hanya mengambil napas secara singkat dan banyak. Untuk mengatasi keadaan ini dan untuk mengurangi ketegangan, akan sangat baik untuk melakukan latihan menarik napas panjang. Anda dapat melakukannya di mana saja. Tetapi akan lebih baik jika dilakukan dalam posisi duduk dengan santai dan tanpa terlalu banyak gangguan. Tutuplah mata Anda lalu mulailah mengambil napas panjang dan dalam melalui hidung sampai Anda merasa bahwa Anda telah mengisi seluruh kapasitas paru-paru. Kemudian tahan napas Anda selama beberapa detik sebelum mengeluarkannya secara sangat perlahan-lahan melalui mulut. Jangan mencoba menghembuskannya, tapi biarkan mengalir keluar perlahan-lahan dan alamiah. Jika Anda merasa paru-paru Anda telah kosong, tunggu beberapa detik dan kemudian ambil napas lagi dengan cara yang sama. Ulangi beberapa kali sampai Anda mulai merasa santai.
            Sebagian orang merasa dapat lebih bersantai jika mereka juga menikmati suasana yang damai sambil melakukan latihan pernapasan ini. Contohnya, Anda dapat membayangkan gumpalan awan berarak perlahan melintasi langit biru jernih pada siang hari yang hangat, atau pemandangan dan suara ombak memecah pantai yang percikan-percikan air lautnya yang terasa sejuk menyentuh Anda. Daripada hanya duduk diam dan larut dalam stres Anda, lebih baik Anda membayangkan diri Anda sedang berjalan-jalan menikmati pemandangan dan suasana alam di pedesaan, atau apapun yang Anda rasa paling berkesan dan bisa membuat Anda merasa damai yang begitu merasuk hingga ke kalbu Anda! Latihan ini sangat baik jika dipadukan dengan latihan pernapasan. Latihan ini juga dapat membantu Anda untuk dapat tidur jika Anda merasa kesulitan untuk tidur.
Relaksasi progresif
            Latihan ini bertujuan untuk mengendurkan berbagai bagian otot secara progresif. Masing-masing bagian otot diregangkan kemudian dikendurkan. Lakukan hal tersebut beberapa kali mulai dari jari kaki hingga kepala.
            Meregangkan otot memungkinkan Anda mengenali perasaan ketegangan pada berbagai bagian tubuh Anda, dan selanjutnya memungkinkan Anda memahami dengan jelas apa yang sedang ingin Anda hilangkan! Hal ini merupakan latihan yang sangat efektif ketika Anda sedang berbaring di tempat tidur. Tetapi Anda juga dapat melakukannya dalam posisi nyaman lainnya, seperti saat duduk dikursi, atau bahkan ketika sedang duduk di tempat parkir peristirahatan mobil dalam perjalanan jauh!
            Anda mau coba caranya? Saya sarankan jangan melakukannya tergesa-gesa; karena saya tidak bertanggung jawab kalau Anda mendadak kena encok, keseleo dan bahkan patah tulang!  hwehhehkhheeee…! Bisa gawat tuh!
            Menurut Dr. Robert Povey nih ya…
            Pertama, tutup mata dan berkonsentrasilah dengan meregangkan jari kaki dan kaki. Kemudian kendurkan. Coba rasakan berkurangnya beban dari kaki. Perasaan itu berupa mengendurnya otot secara total. Jika Anda belum merasakannya pada saat pertama kali melakukan gerakan peregangan dan pengenduran, coba ulangi lagi sampai Anda merasakannya! Kemudian gerakkan kaki Anda. Sekali lagi regangkan otot kaki Anda dan kemudian kendurkan! Lakukan hal yang sama pada bokong Anda!
            Sekarang beralih ke otot bagian perut, lanjutkan dengan lengan dan tangan. Remas kedua tangan Anda bersama-sama dan rasakan peregangan di seluruh lengan, kemudian kendurkan! Lanjutkan dengan meregangkan otot leher dan bahu, kemudian kendurkan!
            Terakhir putar seluruh wajah Anda (?!? Gimana ya maksud Dr. Povey ini ???) dan kendurkan sambil menghembuskan udara dari mulut. (jangan menghembuskan udara dari bokong ya!!! Ntar yang di samping Anda bisa pingsan! Heheh!!)
Jika Anda menggunakan teknik ini untuk membantu Anda agar Anda bisa tertidur, Anda dapat menggunakannya dengan skenario ‘suasana damai’ seperti yang telah digambarkan pada teknik menarik napas panjang.
Hemmm… silakan mencoba deh!
Atau, Anda mau berkomentar dulu? Ya… kalo gitu saya persilakan Anda untuk meninggalkan komentar Anda di bawah artikel saya ini.

Tidak ada komentar: